Minggu, 19 Desember 2010

Argentina Melegalkan Pernikahan Sejenis

Senat Argentina melegalkan pernikahan sejenis melalui debat dan voting ketat, kemarin. Dengan demikian, Argentina menjadi negara Amerika Latin pertama yang mengesahkan semua hak, kewajiban, dan perlindungan untuk perkawinan homoseksual.
Voting ketat selama 16 jam itu berakhir dengan 33 setuju, 27 tidak setuju, dan 3 tidak memilih. Sebelumnya, majelis rendah Argentina sudah menyetujuinya dan Presiden Cristina Fernandez sangat mendukung.
Keputusan Senat itu diserang banyak pihak, termasuk Gereja Katolik Roma dan kelompok evangelis. Selama diperdebatkan, 60.000 penentang berdemonstrasi di luar gedung Kongres.
Sebelum disahkan, sembilan pasangan homoseksual telah berhasil meyakinkan hakim untuk menikahkan mereka. Namun, beberapa pernikahan ini dinyatakan tidak sah belakangan.
Pernikahan sejenis telah disahkan di beberapa daerah di Uruguay, Meksiko, dan Brasil. Pengadilan Konstitusi Kolombia juga telah memberikan pasangan homoseksual hak waris dan memperbolehkan pasangan untuk merencanakan asuransi jiwa. Namun Argentina adalah negara pertama yang melegalkan pernikahan sejenis secara nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar